Batas Semua Usaha

on Rabu, 21 September 2011

Bila selama sepekan anda telah bekerja dengan gigih, berlari penuh ketergesa-gesaan, dan menggigit gigi sendiri untuk menahan rasa sakit diburu-buru, maka akhir pekan ini adalah saat yang paling baik untuk merenungi apa arti waktu bagi anda.
Secepat-cepat anda belari menjadi yang nomor satu, anda takkan pernah mampu melampaui waktu. Sekuat-kuat anda memenangkan pertandingan, pada akhirnya toh anda akan dikalahkan oleh usia anda sendiri.
Sehebat-hebat anda menaklukkan puncak gunung, alam member langit yang lebih tinggi yang tak terdaki. Bahwa segala sesuatu itu ada batasnya.
Anda perlu tahu batas-batas itu. Meski tujuan adalah sesuatu yang belum bisa anda capai sekarang, dan ini membuat anda begitu optimis akan hidup esok hari, namun kesadaran akan tepian dari semua kerja anda semestinya menggugah anda untuk menemukan jiwa dalam kerja anda.
Yaitu, silakan kita berkeja sekeras-kerasnya, karena memang untuk itulah anda ada, namun anda sama sekali tak harus menjamin tercapainya semua tujuan itu, karena memang bukan itu tugas anda. Kita hanya harus berusaha.