Istilah Syariah dengan Awalan Huruf: 'K'

on Selasa, 01 Maret 2011

1.      Khushum Jariyah
Utang jangka pendek

2.      Khiyar at-Ta'yin
Hak pilih pembeli dalam menentukan barang yang berbeda kualitas dalam jual beli.

3.      Khiyar as-Syarth
Hak pilih yang ditetapkan oleh salah satu pihak yang berakad atau keduanya atau bagi orang lain untuk meneruskan atau membatalkan jual beli, selama dalam tenggang waktu yang ditentukan.

4.      Khiyar ar-Ru'yah
Hak pilih bagi pembeli untuk menyatakan berlaku atau batal jual beli yang ia lakukan terhadap suatu obyek yang belum ia lihat ketika akad berlangsung.

5.      Khiyar Majlis
Hak pilihan ketika dalam majlis: Hak menentukan pilihan bagi kedua belah pihak, antara penjual dan pembeli untuk melangsungkan jual beli atau membatalkannya selama masih di tempat (majlis) jual beli. Apabila keduanya telah berpisah dari majlis akad tersebut, maka hilanglah hak khiyar ini sehingga perubahan tidak dapat dilakukan lagi.

6.      Khiyar al-'Aib
Hak untuk membatalkan atau melangsungkan jual beli bagi kedua belah pihak yang berakad, apabila terdapat suatu cacat pada obyek yang diperjualbelikan, dan cacat itu tidak diketahui pemiliknya ketika akad berlangsung.

7.      Khiyar
Hak memilih atau hak menentukan pilihan diantara dua hal.

8.      Khitab I'timad at-Tashdir
Letter of credit (L/C) ekspor.

9.      Khitab I'timad al-Istirad
Letter of credit (L/C) impor.

10.  Khathar I'adati al-Istitsmar
Risiko reinvestasi; Risiko yang terjadi sebagai akibat dari fluktuasi harga dan suku bunga pasar yang berlawanan dengan yang diharapkan dalam investasi ulang sehingga mempengaruhi posisi neraca ataupun rekening administratif.

11.  Khathar
Risiko, kemungkinan terjadinya kerugian (risk).

12.  Khasm
Rabat, diskon (discount).

13.  Khasm fi al-Murabahah
Diskon murabahah; Pengurangan harga akibat pembayaran murabahah yang lebih cepat dari waktu jatuh tempo cicilan pembayaran.

14.  Khasarah
Kerugian (loss).

15.  Kharaj
Pajak atas tanah (land tax); Kharaj ditentukan berdasarkan tingkat produktivitas tanah (land productivity).

16.  Kasad
Depresiasi (depreciation);  Suatu tahap dari siklus ekonomi yang ditandai oleh penurunan tingkat kegiatan ekonomi. Tingkat output dan investasi riil sangat rendah dan tingkat pengangguran sangat tinggi. Suatu depresi terutama disebabkan oleh penurunan permintaan agregat dan dapat diatasi dengan kebijakan fiskal dan moneter ekspansioner.

17.  Kafil
Penanggung, penjamin (guarantor); Pihak yang memberikan jaminan untuk menanggung kewajiban pihak lain dalam akad kafalah.

18.  Kafalah bit Taslim
Jaminan pengembalian.

19.  Kafalah bin Nafs
Jaminan individu (personal guarantee).

20.  Kafalah al-Muallaqah
Jaminan bersyarat (conditional guarantee).

21.  Kafalah al-Munjazah
Jaminan mutlak yang tidak dibatasi oleh jangka waktu dan untuk kepentingan atau tujuan tertentu, seperti dalam bentuk performance bonds 'jaminan prestasi'.
Kafalah bil Mal
Jaminan dengan menggunakan harta/ aset.

22.  Kafalah
Jaminan; Akad penjaminan yang diberikan oleh penanggung (kafiil) kepada pihak ketiga untuk memebuhi kewajiban pihak kedua atau yang ditanggung (makful 'anhu, ashil); Mengalihkan tanggung jawab seseorang yang dijamin dengan berpegang pada tanggung jawab orang lain sebagai penjamin.